Tugas 2 Pengantar Komputasi Modern

Pengantar Komputasi Modern



Faris Eka Dzulfiqar
52412780
4IA09

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Tulisan ini sengaja saya buat bukan untuk mengekspose diri melainkan untuk mendeskripsikan diri sendiri, berusaha untuk mengkaji siapa sebenarnya diri ini. Karena orang yang berhasil adalah orang mengenali dan tahu betul siapa dirinya, oleh karenanya saya ingin menyongsong keberhasilan itu dengan langkah awal yaitu berusaha mendeskripsikan siapa sebenarnya diri saya. Baiklah langsung saja saya buka artikel ini.
     Nama saya adalah Faris Eka Dzulfiqar. Yang dari lahir sampai saat ini, orang tua dan hampir semua orang yang kenal saya biasa memanggil dengan sebutan Faris.
Saya besar dan berasal dari kota Bandung, kemudian pindah di kota Cirebon, dan menghabiskan waktu dewasa ini di kota Bogor. Saya lahir sebagai anak pertama dari 3 bersaudara, sejak kecil keluarga kami memang sering melakukan perpindahan tempat tinggal dikarenakan pekerjaan orang tua. Saat ini saya sedang mengenyam pendidikan strata 1 di Universitas Gunadarma Depok Jawa Barat, Jurusan Teknik Informatika. Banyak pengalaman berkesan yang dirasakan saat masa perkuliahan, baik pengalaman pribadi maupun bersama teman-teman. Berkuliah di luar kota membuat saya mendapatkan teman dari berbagai suku yang notabene berbeda kultur dan budaya, sehingga saya memiliki berbagai macam teman yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Pada masa perkuliahan pun saya mendapat banyak banyak pelajaran penting yang dapat saya terapkan pada bidang pekerjaan, karena saya sendiri saat ini sedang menjalani pekerjaan sebagai seorang freelance.
Freelance adalah suatu kondisi status yang tanpa ikatan, jadi seorang freelancer adalah mereka yang mengikatkan diri pada kemampuan mereka sendiri dan tidak mempunyai ikatan dengan instansi manapun. Kebalikan dari status freelance tentu saja adalah karyawan
Bekerja sebagai seorang freelance membuat saya menjadi mengenal berbagai macam pekerjaan, mulai dari sebagai penginput data, mendesain untuk logo dan desain layout, membuat website dan juga aplikasi android beserta dekstop. Mulanya terasa berat karena jam kerja yang tidak teratur dan juga tekanan dari klien dan atasan saya. Akan tetapi berkat itu saya menjadi mulai terbiasa dalam menghadapi orang dengan bermacam-macam kepribadian dan juga saya menjadi mengetahui kelebihan dan kekurangan saya dalam mengerjakan suatu pekerjaan.
Kelebihan dari diri saya yaitu saya dapat berkerja dibawah tekanan dan mampu mengerjakan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dan juga mampu beradaptasi pada setiap lingkungan pekerjaan dan mampu bekerja dalam tim atupun individu. Saya adalah tipikal orang yang serius dan terkadang terkesan cuek dimata teman-teman. Tetapi sebenarnya saya adalah orang yang selalu ingin berteman dengan siapapun dan senang bercanda. Dan mungkin kecuekan dan kedinginan itu muncul karena saya sedang serius melakukan sesuatu. Sedikit perfeksionis dan minimalis, itulah saya dimata saya. Terkadang saya menjadi sosok yang amat tenang, tetapi seketika itu pula saya dapat menjadi orang yang tergesa-gesa. Intinya, sebisa mungkin saya memakai prinsip antideadline. Apa yang dapat saya kerjakan saat ini, tidak boleh menunggu sampai esok hari. Selama tenaga MASIH memungkinkan dan waktu MASIH tersedia, ‘sekarang’ adalah waktu yang tepat untuk menyelesaikannya.
Sedangkan kekurangan saya adalah kurangnya kemampuan dalam mengambil keputusan atau bersikap tegas dan mempertahankan pendapat yang saya miliki sehingga tidak jarang saran yang telah saya kemukakan tidak disetujui. Seiring berjalannya waktu dan jam terbang saya di pekerjaan tersebut, sedikit demi sedikit saya mulai bisa mengatasi kekurangan pada diri saya antara lain dengan cara saya harus bisa memikirkan semua kemungkinan yang dapat terjadi sehingga saya dapat mengambil keputusan terbaik yang dapat diambil dan juga saya belajar mengenai public speaking agar lancar berbicara terhadap klien sehingga saran yang saya kemukakan dapat diterima oleh klien.
Selain itu, saya mengambil berbagai macam kursus dan juga softskill agar dapat meningkatkan kualitas diri saya dalam pekerjaan. Selain itu saya juga memperbanyak mengikuti seminar mengenai dunia informatika agar pemahaman saya tentang dunia informatika bertambah. Seperti halnya, seminar mengenai pengenalan dibidang robotik, android, pemrograman website dan pengenalan desain industrial.

Itulah sedikit mengenai diri saya. Orang yang berhasil dan siap menyambut keberhasilan adalah orang yang telah mengenali, memahami dan tahu betul siapa dirinya, baik luar maupun dalamnya. Dan marilah kita sambut keberhasilan kita dengan memulai mengenali diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar